Saat cuaca panas, Anda mudah kepanasan dan berkeringat di dalam rumah. Selain sirkulasi udara yang baik di dalam rumah, yang tak kalah penti...
Daftar Isi [Tampil]

    Saat cuaca panas, Anda mudah kepanasan dan berkeringat di dalam rumah. Selain sirkulasi udara yang baik di dalam rumah, yang tak kalah penting adalah keberadaan perlengkapan rumah tangga seperti kipas angin.

    Anda dapat mengurangi panas dalam ruangan dengan menyalakan kipas angin. Oleh karena itu, beraktivitas di rumah terasa lebih nyaman.

    Kipas angin lebih irit dan hemat listrik dibandingkan AC. Dengan segala kelebihannya tersebut, kipas angin menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang wajib dimiliki di rumah.

    Namun bagaimana jika kipas angin rusak atau mati total?

    Masalah seperti ini tentu akan membuat Anda bingung, apalagi jika Anda tidak mengetahuinya Cara memperbaiki kipas angin mati total.

    Saat kipas angin mati, kebanyakan orang memilih untuk membeli produk baru atau membawa kipas tersebut ke bengkel. Cara ini cukup sia-sia. Seperti yang Anda ketahui, Anda sebenarnya bisa memperbaiki sendiri kipas angin tersebut.


    Mengikuti Panduancode.com Cara memperbaiki kipas angin mati total telah diuraikan dari berbagai sumber. Yuk simak deskripsinya!

    Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

    1. Jangan panik agar tidak menerapkan cara perbaikan yang salah

    Wajar jika bingung ketika kipas angin tak kunjung menyala. Faktanya, kerusakan ini bisa memicu kepanikan.

    Daripada tersesat dalam kebingungan atau panik, cobalah untuk tetap tenang. Dengan cara ini Anda bisa berpikir jernih dan tidak terburu-buru mengambil keputusan.

    Jika Anda masih shock karena kipas angin mati, hindari segera memperbaikinya. Dari mana? Mungkin saja Anda belum mengetahui penyebab kerusakan tersebut.

    Cara memperbaiki kipas angin mati total Hal pertama dan utama adalah jangan terburu-buru. Pertimbangkan juga semua langkah perbaikan dengan cermat.

    Hindari segera mengganti kipas angin yang sudah tidak berfungsi sama sekali dengan kipas angin baru. Apalagi jika Anda tidak mengetahui penyebab kerusakannya dan belum mencoba memperbaiki sendiri masalahnya.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

    2. Periksa catu daya dan kondisi kabel

    Memperbaiki kipas angin yang mati total dengan cara ini mungkin terlihat sederhana, namun ini sangat penting.

    Dalam beberapa kasus, orang sudah mengira kipas anginnya rusak. Faktanya, kipas angin tidak menyala karena tidak ada aliran listrik di kabel kipas.

    Oleh karena itu, pastikan kabel kipas telah tersambung ke listrik dengan benar. Pastikan juga kabel dalam kondisi baik. Artinya kabel tidak rusak, sobek atau putus.

    Periksa lubang suplai listrik serta kondisi kabelnya. Semakin lama digunakan, getaran motor kipas dapat membuat lubang tersebut menjadi longgar.

    Kemudian periksa steker atau coupler yang terpasang pada ujung kabel listrik. Untuk menyalakan kipas angin, steker dicolokkan ke stopkontak listrik.

    Jika steker masih tetap lepas, gantilah dengan steker listrik yang lebih kencang.

    3. Pastikan pemutus arus terhubung dengan benar

    Jika tidak ada masalah pada kabel, steker dan power supply, coba periksa pemutus arusnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah listrik mengalir ke perangkat. memutuskan kontak.

    Cara mengatasi kipas angin yang tidak berfungsi sama sekali adalah dengan membuka panel pemutusnya. Kemudian pastikan pemutus arus terhubung dengan benar.

    Masalah ini mungkin terjadi jika kipas sudah tua atau sudah lama digunakan. Kipas angin lama menghabiskan terlalu banyak daya listrik sehingga menyebabkan pemutusan arus.

    Jika demikian, ganti kipas untuk mencegah korsleting listrik. Selain itu, cara ini juga dapat mengurangi risiko kebakaran akibat pemadaman listrik.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Kartu Sd Yang Rusak

    4. Periksa bagian sekring

    Setelah memeriksa kondisi luar kipas angin, cara memperbaiki kipas angin secara menyeluruh selanjutnya adalah dengan memeriksa sekringnya. Beberapa kipas angin mempunyai sekring untuk memutuskan sambungan listrik. Pemutusan hubungan ini terjadi bila arus listrik terlalu kuat. Hal ini menyebabkan motor kipas menjadi panas.

    Apa jadinya jika sekring meleleh karena kipas terlalu panas? Aliran dan sambungan listrik kipas akan terganggu.

    Jadi periksa kabel dan bagian dalam kipas untuk mengetahui kondisi sekringnya. Baca panduan atau tutorial online untuk mengetahui di mana letak sekring.

    Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tidak semua penggemar memiliki asuransi.

    Jika sekring putus, tidak ada solusi selain membeli sekring lain untuk kipas yang mati total. Sehingga kipas dapat berputar dengan normal.

    5. Periksa kondisi kabel internal

    Cara memperbaiki kipas angin yang tidak berfungsi sempurna selanjutnya adalah dengan memeriksa kabel internal. Pilih cara ini jika kipas masih tidak berfungsi setelah memeriksa steker dan sambungan listrik bahkan setelah memeriksa sekring.

    Pastikan kabel di dalam kipas tidak terkoyak, tertekuk, kendor atau putus.

    Jika kabel dalam rusak, gantilah kabel tersebut dengan yang baru. Pastikan kabel sesuai dengan jenis konektor. Jika perlu, mintalah bantuan penjual toko kabel untuk memilih jenis kabel yang sesuai.

    6. Selalu jaga kebersihan kipas angin

    Cara memperbaiki kipas angin yang tidak berfungsi sempurna adalah dengan tidak menjaga kebersihannya. Rawatlah kipas angin dengan membersihkannya secara rutin. Dengan demikian, kipas angin terlindungi dari kotoran dan debu.

    Kotoran dan debu yang menumpuk dapat merusak pengoperasian kipas angin.

    Gunakan penyedot debu atau kain pembersih untuk menghilangkan kotoran dari kipas. Lepaskan kipas dengan hati-hati. Lalu bersihkan dengan lembut.

    Bersihkan secara menyeluruh, mulai dari luar dan dalam. Lepaskan penutup kipas. Bersihkan baling-baling dan bagian lain seperti baling-baling yang menempel pada bantalan belakang dan mesin.

    7. Oleskan oli mesin

    Cara memperbaiki kipas angin mati total Yang terakhir adalah mengoleskan oli mesin.

    Lakukan ini jika kipas mengeluarkan suara tetapi bilahnya tidak bergerak. Kemungkinan penyebabnya adalah roda gigi kipas macet.

    Buka penutup motor kipas. Lumasi roda gigi dan kenop kopling, bagian tengah tempat bilah berputar dan berputar.

    Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

    • Lepaskan penutup tengah kipas

    • Arahkan noda ke tengah

    • Lakukan ini sambil memutar pisau dengan tangan agar noda merata.

    Ini adalah 7 Cara memperbaiki kipas angin mati total. Kini Anda tidak perlu khawatir jika kipas angin tiba-tiba tidak menyala. Ikuti langkah-langkah di atas ya.

    Jika Anda mengikuti semua langkah dan masih tidak menyala, bawalah kipas ke teknisi servis untuk mengetahui akar masalahnya.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done