Langkah-Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Dalam Penelitian Ilmu Pengetahuan Alam – Dalam ilmu pengetahuan alam, ada tahapan-tahapan yang ...
Daftar Isi [Tampil]

    Langkah-Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Dalam Penelitian Ilmu Pengetahuan Alam – Dalam ilmu pengetahuan alam, ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan peneliti untuk menemukan suatu konsep. Tahap ini disebut juga metode ilmiah.

    Langkah pertama yang harus dilakukan dalam suatu penelitian ilmiah adalah melakukan observasi, kemudian membuat kesimpulan dan terakhir mengkomunikasikannya. Simak uraiannya di bawah ini!



    Pengamatan

    Langkah pertama yang harus dilakukan dalam suatu penelitian adalah observasi. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai sesuatu yang diselidiki.

    Perlu dicatat juga bahwa observasi ini merupakan proses yang relatif, bisa cepat atau bisa juga memakan waktu lama.

    Pengamatan biasanya dilakukan dengan menggunakan instrumen, namun dapat juga dilakukan dengan menggunakan indera manusia. Misalnya mengamati perubahan warna air secara visual atau mengamati sel-sel hidup dengan menggunakan mikroskop.

    Membuat kesimpulan

    Dalam sains, merumuskan data dan informasi melalui observasi disebut inferensi.

    Membuat kesimpulan dalam suatu penelitian ilmiah merupakan kegiatan penting dalam tahapan penelitian ilmiah. Dari kesimpulan tersebut Anda dapat melihat dan menarik kesimpulan untuk membuat laporan selanjutnya.

    Membuat kesimpulan merupakan salah satu keterampilan proses penelitian ilmiah; Artinya data dan informasi mencakup unsur apa, mengapa dan bagaimana.

    Cobalah untuk menemukan jawabannya dari informasi yang tersedia. Apakah ada hubungan antara sesuatu dan sesuatu yang lain dalam apa yang diamati?

    Baca Juga: Topik Atau Judul Perdebatan Yang Akan Diargumentasikan Disebut

    Komunikasi

    Langkah terakhir setelah membuat kesimpulan adalah mengkomunikasikannya secara lisan atau tertulis.

    Apa yang diamati dan semua data yang ditemukan selama observasi hendaknya dikomunikasikan secara jelas dalam bentuk tabel, grafik atau gambar.

    Dapat dikatakan bahwa fase komunikasi ini merupakan fase dimana penelitian yang dilakukan menjangkau khalayak yang lebih luas atau disosialisasikan.

    Contoh Penelitian IPA

    Carilah pertumbuhankacangadalah contoh penyelidikan sains yang biasa dilakukan oleh siswa sekolah. Setelah menyiapkan benda dan lingkungan, langkah pertama yang dilakukan adalah mengamati pertumbuhan biji. Semua hasil observasi tentunya harus dicatat.

    Setelah jangka waktu tertentu, misalnya sepuluh hari, dapat diambil kesimpulan dari hasil pengamatan. Misalnya berapa banyak air yang dibutuhkan, berapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan, dan sebagainya.

    Semua data observasi dicatat untuk menghindari kesalahan saat mengirimkan hasilnya.

    Berdasarkan tahapan review, langkah terakhir adalah menyampaikan laporan yang terdiri dari data, gambar atau tabel.

    Dari laporan ini Anda dapat mempelajari bagaimana, apa dan bagaimana seharusnya tanaman kacang tanah tumbuh.

    Sekarang Anda tahu bahwa langkah pertama yang harus dilakukan dalam penelitian ilmiah adalah melakukan observasi. Hal ini dilakukan sebelum mulai mengerjakan tahapan penting berikutnya.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done