Alat gerak apa yang dimiliki lumba-lumba? Inilah Jawabannya — Alat gerak adalah alat yang digunakan makhluk hidup untuk berenang, berjalan, ...
Daftar Isi [Tampil]

    Alat gerak apa yang dimiliki lumba-lumba? Inilah Jawabannya — Alat gerak adalah alat yang digunakan makhluk hidup untuk berenang, berjalan, mencari makan, dan lain-lain. Inilah organ-organ yang membantu tubuh menjalankan aktivitasnya.

    Tak terkecuali lumba-lumba, mamalia air yang biasa hidup di laut. Jadi alat gerak apa yang dimiliki lumba-lumba?



    Review Lengkap Kendaraan Lokomotor Milik Lumba-Lumba

    Selain membahas gerak aktif, diberikan jawaban atas contoh mamalia yang menggunakan sirip untuk berenang. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.


    Alat Pergerakan Yang Dimiliki Lumba-lumba

    Tahukah Anda bahwa ada banyak spesies lumba-lumba? Hingga saat ini, tercatat 7 spesies lumba-lumba di seluruh dunia.

    Orca, Hector, Pilot, Hourglass, Spinner, Atlantic Spotted merupakan lumba-lumba yang hidup di air laut. Namun ada juga spesies seperti lumba-lumba Sungai Amazon yang hidup di air tawar.

    Meskipun ada banyak spesies lumba-lumba, mereka hanya mempunyai satu alat penggerak aktif: sirip. Sirip punggung hewan ini berbentuk segitiga, halus dan melengkung.

    Lumba-lumba mempunyai satu sirip di punggungnya. Ujung sirip ini lebih halus dan lembut, tidak seperti sirip hiu yang ujungnya lancip.

    Fakta Tentang Gerak dan Fungsi Lumba-Lumba

    Selain perannya sebagai alat gerak aktif, ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang sirip spesies ini. Yuk simak penjelasannya.

    1. Sirip Punggung mempunyai nama lain

    Perlu anda ketahui bahwa posisi sirip hewan ini simetri bilateral. Jadi jika kita mengambil garis lurus dan membagi tubuh hewan ini menjadi dua, maka sisi kiri dan kanannya akan sama.

    Selain itu, alat gerak aktif mamalia ini mempunyai nama lain; sirip punggung.

    Beberapa peran sirip punggung adalah:

    Menjaga keseimbangan hewan. Dalam beberapa kasus, sirip ini membantu hewan tetap stabil saat melakukan belokan mendadak.

    Membantu memecah ombak saat berenang

    2. Sirip Lumba-lumba Bisa Rusak

    Karena sering berenang di dekat perahu, sirip mamalia ini pun kerap rusak. Namun, jaringan lunak tidak akan berubah akibat situasi ini.

    Lumba-lumba bukan satu-satunya contoh mamalia yang menggunakan sirip untuk berenang. Selain itu, terdapat juga paus, duyung, lumba-lumba pelabuhan, manate, singa laut, anjing laut, dan berang-berang laut.

    Alhasil, alat gerak yang dimiliki lumba-lumba adalah sirip. Untuk informasi unik lainnya Anda dapat mengakses blog Panduancode.com ini. Nikmati memperluas pandangan Anda.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done