Hal utama yang perlu dilakukan umat Islam adalah mengetahui adanya hukum halal dan haram mengenai makanan sebelum dikonsumsi. Dari mana? Seb...
Daftar Isi [Tampil]

    Hal utama yang perlu dilakukan umat Islam adalah mengetahui adanya hukum halal dan haram mengenai makanan sebelum dikonsumsi. Dari mana? Sebab dalam ajaran Islam, mengonsumsi makanan haram bisa menimbulkan banyak dampak buruk atau merugikan.



    Sebagaimana tertulis dalam buku Fiqh Madrasa Ibtidaiyah Kelas VI yang disusun oleh Yusak Burhanudin, Muhammad Najib (2021: 35) menyebutkan berbagai macam dampak buruk dari mengonsumsi makanan dan minuman terlarang:

    • Membahayakan organ tubuh dan kesehatan tubuh
    • Merusak jiwa, mental dan karakter
    • Menyebabkan kerakusan
    • Menyesatkan diri sendiri

    Pembahasan lain mengenai anjuran mengonsumsi makanan halal yang bermanfaat dan menghindari makanan haram tertuang dalam berbagai dalil baik dalam Al-Quran maupun hadis.

    Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah dalam ayat Baqarah (172): “Hai orang-orang yang beriman, makanlah makanan baik yang telah Kami rezeki bagimu dan bersyukurlah kepada Allah, jika memang Dialah yang benar-benar kamu sembah.”

    Dalam hadis riwayat Imam Muslim beliau menyatakan sebagai berikut:

    Sesungguhnya Allah itu baik, tetapi Dia menerima apa yang baik, dan Allah memerintahkan orang-orang yang beriman sama seperti yang Dia perintahkan kepada para nabi-Nya dan bersabda: "Wahai para rasul, makanlah yang halal dan beramallah." Dialah yang mengetahui segalanya. Dan beliau bersabda: “Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari makanan-makanan baik yang telah Kami rezeki bagi kamu.”

    “Sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima apa pun selain kebaikan. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman perintah yang sama dengan perintah Allah kepada para nabi. lakukanlah. Dan Allah juga berfirman: Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari makanan yang baik yang telah Kami sediakan bagimu.”(HR.Muslim).

    Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa makanan apa pun yang kelihatannya enak tetapi mungkin membahayakan kesehatan, hukumnya makruh. Hal ini apabila memenuhi syarat pangan yang boleh dikonsumsi dan halal yaitu mengandung manfaat bagi kesehatan.

    Untuk itu mari kita jauhi makanan-makanan yang dapat membahayakan kesehatan kita agar tubuh kita tetap sehat sehingga kita dapat menunaikan shalat dengan baik.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done