Tak aneh lagi mengetahui sebagian besar teman Anda berasal dari Pulau Jawa. Atau mungkin Anda juga tinggal di Pulau Jawa. Pulau Jawa tidak h...
Daftar Isi [Tampil]

    Tak aneh lagi mengetahui sebagian besar teman Anda berasal dari Pulau Jawa. Atau mungkin Anda juga tinggal di Pulau Jawa. Pulau Jawa tidak hanya memiliki jumlah penduduk yang besar, tetapi juga banyak sumber daya alamnya.

    Jumlah penduduk yang besar tersebut dibuktikan dengan data Badan Pusat Statistik tahun 2020 yang menyebutkan bahwa Pulau Jawa memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Selain karena pusat pemerintahannya terkonsentrasi di Pulau Jawa, padatnya jumlah penduduk juga disebabkan oleh suburnya lahan sehingga cocok untuk pertanian dan perkebunan.

    Pada kesempatan ini saya ingin mengajak anda untuk melihat lebih dekat sumber daya alam yang ada di Pulau Jawa. Lanjutkan membaca lagi ya!



    Sumber Daya Alam di Pulau Jawa

    Sebelum kita lanjutkan dengan sumber daya alam di berbagai provinsi di pulau jawa, tahukah anda apa saja yang termasuk dalam sumber daya alam? Mari kita lihat daftar sumber daya alam di bawah ini:
    • Cuaca
    • Tebu
    • Cuaca
    • Tanaman
    • Satwa
    • Matahari
    • Bensin
    • Batu Baru
    Bukan Seperti Itu Tahukah anda apa saja contoh sumber daya alam yang ada? Pembahasan selanjutnya adalah mengenai potensi sumber daya alam di berbagai provinsi di Pulau Jawa. Seperti diketahui, di Pulau Jawa terdapat 6 provinsi: Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

    Mari kita lihat sebaran potensi sumber daya alam di provinsi-provinsi di Pulau Jawa, dimulai dari Provinsi Jawa Barat yang merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia.

    Provinsi Jawa Barat

    Data Kementerian Pertanian menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penghasil beras terbesar. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab banyaknya persawahan yang kita lihat disekitar kita, apalagi bagi anda yang tinggal di Jawa Barat.

    Potensi sumber daya alam sawah juga banyak ditemui di Provinsi Jawa Barat. Tercatat terdapat 9.488.623 km2 saluran irigasi di Jawa Barat yang mengairi sawah. Berton-ton beras dihasilkan di sawah ini.

    Selain itu, Provinsi Jawa Barat juga terkenal dengan potensi sumber daya alam perkebunannya. Contohnya adalah teh, karet, coklat, kopi, tebu, tembakau dan masih banyak lagi. Seperti diketahui, banyaknya kebun teh membuat Jawa Barat menjadi daerah penghasil teh terbesar di Indonesia. Beberapa daerah penanaman teh antara lain Kabupaten Bandung, Sukabumi, Subang, dan Garut.

    Salah satu penyebab banyaknya perkebunan teh di wilayah Jawa Barat adalah karena pegunungan dan cuaca yang sejuk di wilayah tersebut memudahkan produk ini untuk tumbuh dan berkembang.

    Awalnya perkebunan teh bermula dari upaya pemerintah VOC yang menjadikan teh sebagai komoditas komersial. Perkebunan teh semakin meluas akibat penanaman paksa pada tahun 1830.

    Potensi sumber daya alam lahan di Jawa Barat juga dikembangkan untuk kerajinan tangan dengan daya jual yang menarik. Misalnya saja tanah liat yang merupakan sumber daya alam yang banyak ditemukan di wilayah Plered, Jawa Barat. Banyaknya sumber daya alam di wilayah tersebut memberikan peluang bagi banyak kerajinan keramik.

    Provinsi Jawa Tengah

    Provinsi Jawa Tengah mempunyai sumber daya alam pertanian seperti padi, jagung, kedelai, kacang hijau, singkong, dan ubi jalar. Hal inilah yang menyebabkan mayoritas penduduk Jawa Tengah bekerja di sektor pertanian.

    Selain sumber daya alam pertanian, Provinsi Jawa Tengah juga membutuhkan sumber daya alam pertanian seperti kelapa, cengkeh, teh, dan tembakau. Salah satu penghasil tembakau Indonesia yang terkenal ada di Jawa Tengah yaitu Kota Temanggung.

    Potensi sumber daya alam yang paling menonjol di Provinsi Jawa Tengah adalah sumber daya alam hutan. Kayu jati yang banyak diminati masyarakat di berbagai negara ini dihasilkan dari hutan-hutan di wilayah Jawa Tengah.

    Hutan di Jawa Tengah terbagi menjadi 3 fungsi yaitu Hutan Lindung, Hutan Produksi, dan Hutan Wisata. Fungsi hutan lindung adalah untuk melindungi dan melestarikan flora dan fauna yang ada di dalamnya. Contoh hutan lindung di Provinsi Jawa Tengah adalah Hutan Lindung Kethu di Wonogiri.

    Provinsi Jawa Timur

    Sekarang kami pindah ke Jawa Timur. Coba sebutkan kota dan kabupaten mana saja yang ada di Provinsi Jawa Timur. Tentu saja kota Surabaya atau Malang langsung terlintas di benak Anda.

    Potensi sumber daya alam Jawa Timur di bidang perkebunan antara lain perkebunan tebu, tembakau, kopi Robusta, kakao dan masih banyak lagi. Namun produksi terbesarnya terdapat pada komoditas tebu. Tebu merupakan salah satu bahan pangan yang sangat dibutuhkan. Terdapat 31 pabrik gula di Provinsi Jawa Timur. Wah, jumlahnya tidak sedikit ya?

    Provinsi Jawa Timur juga mempunyai potensi sumber daya alam minyak dan gas (migas) serta sumber daya mineral. Potensi gas dan minyak bumi di Kabupaten Bojonegoro, blok Cepu, Jawa Timur, sangat besar.

    Selain itu, terdapat berbagai sumber daya mineral di wilayah Jawa Timur, seperti batu kapur di Kabupaten Tulungagung. Batu kapur yang mengandung lanau atau tanah liat menjadikan sedimen ini tahan terhadap pelapukan. Dapat digunakan sebagai pondasi atau kapur konstruksi.

    Salah satu penyebab kayanya potensi minyak, gas, dan mineral di Jawa Timur adalah struktur alam dan geologi wilayah tersebut. Akumulasi minyak dan gas bersama dengan cekungan menyebabkan terbentuknya batuan sedimen. Selain itu, keberadaan gunung berapi menyebabkan terbentuknya timbunan material pegunungan.

    Oh iya, ngomong-ngomong soal pegunungan, Jawa Timur juga diberkahi dengan berbagai gunung yang indah seperti Gunung Semeru, Gunung Ijen, Gunung Kelud, Gunung Bromo dan berbagai gunung lainnya. Beberapa gunung ini masih aktif lho.


    Provinsi Banten

    Provinsi Banten pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Namun mereka resmi berpisah pada tahun 2000 karena tingginya angka kemiskinan dan tertinggal dalam hal pembangunan. Provinsi ini terletak di bagian paling barat Pulau Jawa. Merupakan jalan yang menghubungkan Provinsi Banten, Pulau Jawa dan Sumatera.

    Potensi sumber daya alam yang ada di Banten antara lain adalah perkebunan seperti cengkeh, kelapa, karet, lada dan khususnya melinjo. Faktanya, Provinsi Banten dikenal sebagai penghasil emping, khususnya di Kabupaten Pandeglang.

    Meskipun Banten termasuk provinsi kecil dibandingkan provinsi lain di Indonesia, namun terdapat potensi sumber daya mineral alam di wilayah Banten. Tambang tersebut adalah tambang emas di Cikotok, berlian di Cibaliung, batu bara di Gunung Kencana dan masih banyak lagi.

    Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

    Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan potensi wisata yang beragam di berbagai daerah. Namun selain pariwisata yang dikembangkan, juga memiliki potensi sumber daya alam.

    Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai potensi sumber daya alam hutan. Hutan di DIY tersebar di Kabupaten Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul, dan Sleman. Fungsi sumber daya hutan di DIY adalah hutan lindung dan hutan produksi.

    Contoh produksi non-kayu dari hutan di wilayah DIY antara lain minyak kayu putih dan getah pinus. Namun hutan di kabupaten DIY selain berfungsi produksi juga bermanfaat dalam mengatur pengelolaan air dan mencegah banjir dan tanah longsor.

    Ada pula sumber daya pesisir yang mulai dikembangkan di pulau-pulau kecil DIY dan banyak di Kabupaten Gunungkidul. Sumber daya tersebut bersifat hayati seperti terumbu karang, biota laut, mangrove, vegetasi pantai, serta sumber daya non hayati seperti mineral dan pasir laut.

    Provinsi DKI Jakarta

    Provinsi DKI Jakarta, Pulau Jawa Punya Sumber Daya Alam ya? Tentu saja Anda penasaran dengan jawabannya; Jakarta adalah ibu kota yang penuh dengan penduduk dan bangunan modern.

    Berdasarkan letak geografisnya, perlu anda ketahui bahwa di Provinsi DKI Jakarta luas wilayah lautnya lebih luas dibandingkan dengan daratannya. Jadi bisa ditebak apa saja sumber daya alam yang ada di Jakarta. Iya betul, sumber daya perikanan menghasilkan ikan pangan dan ikan hias.

    Tak hanya itu, Kepulauan Seribu juga memiliki sumber daya mineral. Seperti diketahui, sumber daya mineral di wilayah ini adalah minyak dan gas.

    Baiklah, kita sudah membahas sumber daya alam di pulau jawa dari masing-masing provinsi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sumber daya alam yang banyak terdapat di Pulau Jawa adalah tumbuhan, baik berupa pertanian, perkebunan, maupun kehutanan. Tentu saja, ini hanya sebagian saja; Masih banyak potensi sumber daya alam di Pulau Jawa yang tidak disebutkan di sini atau bahkan dieksplorasi lebih jauh.

    Kali ini sudah ada pembahasan mengenai sumber daya alam di pulau jawa. Saya akan sangat senang jika Anda menambahkan sumber daya alam lain yang belum saya sebutkan pada bacaan sebelumnya. Mari kita bahas ini di komentar!

    Ya, jika Anda masih ingin meningkatkan materi pengetahuan umum dan pelajaran lainnya sebelum ujian sekolah, ikuti saja pelajaran Panduancode.com Baru yang didukung oleh Zenius. Di sini Anda dapat mengakses ribuan materi pembelajaran dan dibimbing langsung oleh instruktur berpengalaman. Klik gambar di bawah untuk memeriksa paket pembelajaran!

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done